Dampak Seni di Masyarakat (Koalisi Seni Indonesia)

Buku ini merangkum dua belas gerakan dan komunitas seni yang berkarya dalam seni rupa, tari, teater, sastra, hingga berbasis komunitas. Seiring dengan itu, mereka juga menghadirkan segarnya peluang dan solusi baru bagi masyarakat di sekelilingnya. Tak hanya manfaat ekonomi yang datang, ekspresi budaya yang dihasilkan pun layak dibanggakan oleh segenap bangsa.

Retha Dungga/Oming Putri

Direktori Kota: Peta Kolektif Indonesia 2010-2020 (Whiteboard Journal x BCI)

Buku Direktori merupakan hasil riset yang dikerjakan oleh Whiteboard Journal dan British Council Indonesia. Di dalamnya terdapat informasi mengenai seratus lebih kolektif dan komunitas dari Aceh hingga Papua. Melalui buku ini diperlihatkan bagaimana jejaring dan ekosistem kolektif dan komunitas seni di Indonesia secara mutakhir.

Ibrahim Soetomo

Menanam Padi di Langit

Sebagian besar buku ini disusun dari sumber wawancara. Tetapi, beberapa ihwal di dalam buku ini, didapatkan dari berbagai buku dan dokumen tertulis lain, hanya saja disarikan dan dibahasakan ulang, dan secara sengaja, supaya tidak mengganggu proses pembacaan, sumber tersebut tidak diletakkan sebagai catatan kaki, melainkan dengan cara lain.

Puthut EA

Sekolah Salah Didik: Uji Coba 1

Materi-materi yang terkumpul di file pdf ini adalah hasil belajar angkatan perintis Sekolah Salah Didik (SSD) yang berlangsung sejak November 2016- April 2018. Publikasi ini disusun sebagai rapor, atau dokumen untuk menilai dan mengukur perkembangan hasil belajar selama proses SSD.

Kunci Study Forum & Collective

Seni Rupa Jogja 1990-2010

Membaca Arsip, Membongkar Serpihan, Friksi, Ideologi, Kontestasi: Seni Rupa Jogja 1990-2010. Pemenang Hibah KARYA! 2013, Workshop Penulisan Sejarah Kritis Seni Rupa Kontemporer.

IVAA

Seri Katalog Data IVAA #3: Kolektif Kreatif Dinamika Seni Rupa Dalam Perkembangan Kerja Bersama Gagasan Dan Ekonomi (Kreatif) -1938-2011

Merupakan bagian dari katalog data IVAA yang berisi empat buku. Buku ini memiliki subjudul: Dinamika Seni Rupa dalam Perkembangan Kerja Bersama Gagasan dan Ekonomi (Kreatif) tahun 1938-2011. Sejumlah arsip karya dan proses memperlihatkan bagaimana sejak awal seni rupa Indonesia memliki kecenderungan untuk berkontribusi dalam perkembangan ekonomi kreatif.

IVAA

Unjuk Rasa: Seni-Aktivisme-Performativitas (Yayasan Kelola)

Buku ini menerjemahkan istilah unjuk rasa sebagai suatu wacana estetiko-politik dalam proses demokratisasi di Indonesia. Masing-masing sketsa studi kasus dan proposisi gagasan yang ditawarkan 16 kontributor menyuguhkan titik berangkat, metode estetis serta pertaruhan politis yang beragam dari aspek konteks lokasi kultural dan relasi sosialnya.

Gita Hastarika